PROPOSAL PROGRAM KERJA PRAKTEK
MEMPELAJARI PENGENDALIAN KUALITAS
PT LUCKY INDAH KERAMIK

Oleh :
Ade
Frima
30413132
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2016
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
I.
TEMA
PENJADWALAN
PRODUKSI
II. JUDUL TUGAS
MEMPELAJARI PENGENDALIAN
KUALITAS DI PT
LUCKY INDAH KERAMIK
III. PERSONALIA
2.1 PELAKSANA : Ade Frima
Mahasiswa Universitas Gunadarma, Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik
Industri,
Semester 6 (Enam), Depok.
2.2 PEMBIMBING : Dr. Ir. Rer. Pol. Sudaryanto, M.sc.
Staf pengajar pada jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma, Depok.
IV.
LATAR BELAKANG
Kualitas merupakan
salah satu kunci utama bagi terciptanya sebuah produk dan kualitas merupakan
salah satu komponen penting yang harus dimiliki dari setiap produk yang ada.
Perkembangan dalam dunia industri pada masa sekarang begitu pesat, sehingga
perusahaan-perusahaan bersaing dengan ketat satu sama lain untuk memproduksi
produk-produk dengan kualitas terbaik yang dimiliki perusahaan. Konsumen pada
masa sekarang sudah bisa menilai kualitas seperti apa yang baik yang dapat
memenuhi kebutuhan dari konsumen, sehingga perusahaan menyadari pentingnya
kualitas bagi produk mereka. Semakin baik kualitas yang dimiliki oleh
perusahaan, maka keuntungan yang diperoleh perusahaan akan semakin besar dan
perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain dilihat dari
tingginya permintaan dan minat konsumen akan suatu produk.
Perusahaan agar
dapat menjaga kualitas produk yang dihasilkan perlu dilakukan kegiatan
pengendalian dan penjaminan mutu. Pengendalian dan penjaminan mutu ini
dilakukan guna untuk mengidentifikasi berbagai macam masalah yang ada pada
produk seperti masalah kecacatan yang terdapat dalam sebuah produk. Hal ini
dilakukan guna untuk meningkatkan kualitas yang lebih tinggi pada produk itu
sendiri. Kecacatan pada sebuah produk dapat terjadi biasanya karena beberapa
faktor seperti faktor dari pekerja itu sendiri, mesin yang digunakan, material
yang digunakan, metode pengerjaan yang digunakan, serta lingkungan kerja dimana
proses produksi berlangsung.
Oleh karena itu, pengendalian kualitas
yang dilakukan pada perusahaan diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk
yang dihasilkan oleh perusahaan serta dapat memberikan keuntungan bagi
perusahaan.
V. PEMBATASAN
MASALAH
Perusahaan yang akan di amati adalah PT
Lucky Indah Keramik yang
berada di jln. Tugu Raya, Cimanggis,
Kota Depok, Jawa Barat. Produk
yang akan diamati yaitu salah satu produk dari PT Lucky
Indah Keramik.
VI. TUJUAN
Tujuan dari kerja praktek
ini adalah melakukan observasi
mengenai proses pengendalian kualitas terhadap produk x yang dihasilkan dan
melakukan identifikasi masalah yang mungkin di hadapi PT Lucky
Indah Keramik
.
VII. WAKTU
PELAKSANAAN
Waktu dari kegiatan kerja praktek ini
yaitu pada tanggal 15 Agustus-15 September 2016. Lokasi dari kerja praktek ini yaitu berada di jln. Tugu Raya,
Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.
VIII. TINJAUAN
PUSTAKA
Kualitas
menjadi faktor dasar keputusan konsumen untuk mendapatkan suatu produk, karena
konsumen akan memutuskan untuk
membeli suatu produk dari perusahaan tertentu yang lebih berkualitas dari pada
saingan-sainganya. Alasan-alasan mendasar pentingnya kualitas sebagai strategi
bisnis adalah untuk meningkatkan kesadaran konsumen akan kualitas dan orientasi
konsumen yang kuat akan penampilan kualitas, kemampuan produk, peningkatan
tekanan biaya pada tenaga kerja,energi dan bahan baku, persaingan yang semakin
intensif (Purnomo, 2004).
Pengendalian
kualitas adalah upaya dalam menjaga kualitas dari produk yang dihasilkan agar
sesuai dengan spesifikasi produk yang telah ditetapkan berdasarkan kebijakan
perusahaan. tujuan pengendalian kualitas adalah supaya produk dapat berfungsi
sesuai dengan apa yang diinginkan yang nantinya akan memberikan kepuasan
konsumen, untuk mengetahui apakah segala sesuatunya berjalan sesuai dengan
rencana yang ada, dan untuk mengetahui telah dijalankan secara efisien atau
belum dan apakah mungkin didalam perbaikan (Assauri, 2008).
Pengendalian kualitas proses
statistik merupakan teknik penyelesaian masalah yang digunakan sebagai
pemonitor, pengendali, penganalisis, pengelola, dan memperbaiki proses
menggunakan metode-metode statistik. Pengendalian proses statistik merupakan
penerapan metode-metode statistik untuk pengukuran dan analisis varians proses
(Ariani,2003).
Pengendalian kualitas
merupakan alat manajemen secara ilmiah. Beberapa keuntungan jika digunakan
pengendalian kualitas statistik adalah sebagai, perbandingan antara kualitas
dan biaya, menjaga kualitas lebih seragam, penggunaan alat produksi yang lebih
efisien, mengurangi kerja ulang atau pembuangan, memperbaiki hubungan produsen
– konsumen (Purnomo, 2004).
Tujuan
utama pengendalian proses secara statistik adalah pengurangan variasi yang
sistematik dalam karakteristik mutu kunci produk. Pengendalian proses secara
statistik akan menstabilkan proses dan mengurangi variasi, perusahaan membuat
produk atau jasa karakteristik standar sesuai konsumen sehingga menghasilkan
biaya mutu yang lebih rendah dan mempertinggi posisi dalam kompetisi yang semakin
ketat (Montgomery, 1991).
Statistical
process control (SPC) adalah sekumpulan strategi,
teknik dan tindakan yang diambil oleh sebuah organisasi untuk memastikan bahwa
strategi tersebut menghasilkan produk yang berkualitas atau menyediakan
pelayanan yang berkualitas. Statistical process
control (SPC) juga dapat didefinisikan sebagai suatu metodologi pengumpulan
dan analisis data kualitas, serta penentuan dan interpretasi
pengukuran-pengukuran yang menjelaskan tentang proses dalam suatu sistem
industri, untuk meningkatkan kualitas dari output
guna memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pelanggan (Lind, 2007).
Selama tahun 1920-an, Dr. Walter A. Shewhart, dari BellTelephone Laboratories,
mengembangkan konsep-konsep pengendalian mutu secara statistik (statistical quality control). Ia memperkenalkan sebuah konsep “pengendalian" mutu dari
sebuah produk yang sedang diproduksi, berbeda dengan pemeriksaan mutu produk
setelah produk tersebut diproduksi. Demi mencapai tujuan dari pengendalian
mutu, Shewhart mengembangkan teknik pembuatan diagram untuk mengendalikan
pelaksanaan proses produksi perusahaan. Selain itu juga, ia memperkenalkan
konsep dari inspeksi sampel statistik untuk mengukur kualitas produk yang
sedang diproduksi. Konsep ini menggantikan metode lama dari pemeriksaan setiap
bagian produksi setelah produk diselesaikan didalam pelaksanaan produksi (Lind,
2007).
Salah satu teknik yang telah
dikembangkan dalam usaha perbaikan akurasi dan konsistensi data proses yang
dihasilkan dari sebuah pengukuran adalah dengan menggunakan teknik rekonsiliasi
data. Teknik ini lebih bisa menjamin keakurasian data jika dibandingkan dengan
teknik – teknik reduksi lainnya karena didalamnya dilakukan proses penalaan
terhadap hasil pengukuran sekaligus menjaga konsistensi data melalui model
konstrain proses (Narasimhan, 2000).
Secara umum, peta
kendali dalam SPC selalu terdiri dari tiga garis horizontal. Garis-garis
tersebut yaitu garis pusat (center line) merupakan garis
yang menunjukkan nilai tengah (mean) atau nilai rata-rata dari
karakteristik kualitas yang di-plot pada peta kendali SPC, kemudian upper
control limit (UCL)
merupakan garis diatas garis pusat yang menunjukkan batas kendali atas, dan lower
Control Limit (LCL) merupakan garis dibawah garis pusat yang menunjukkan
batas kendali bawah (Besterfield, 1998).
IX. METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi yang digunakan pada kerja praktek ini adalah:

Gambar 1. Flowchart Metodologi Penelitian
Langkah awal dalam melakukan kegiatan kerja
praktek adalah menentukan tujuan dari kerja praktek. Tujuan dari kerja praktek
pertama adalah untuk mempelajari proses produksi pada pada PT Lucky Indah Keramik.
Hal ini dilakukan agar dapat mengetahui bagaimana proses produksi untuk
pembuatan produk x dari awal dimana masih berupa bahan mentah, kemudian mengamati bagaimana
bahan-bahan tersebut diolah dengan menggunakan mesin-mesin yang ada sampai
menjadi produk jadi. Kedua yaitu untuk mempelajari proses dari pengendalian
kualitas terhadap produk yang dihasilkan pada PT Lucky
Indah Keramik. Hal ini dilakukan
untuk mengetahui bagaimana pengendalian mutu dari produk x dari awal
sampai menjadi produk jadi yang dihasilkan
oleh perusahaan. Ketiga yaitu mengetahui produk yang sesuai dengan kebutuhan
konsumen. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mengetahui apakah produk x telah
memenuhi keinginan konsumen.
Langkah
selanjutnya yaitu melakukan pengambilan data, data yang akan digunakan yaitu
berupa data ukuran berat dari produk x. Data yang sudah diperoleh kemudian
selanjutnya dilakukan pengolahan data. Pengolahan data dilakukan dengan
menggunakan salah satu dari seven tools
untuk Statistical Process Control (SPC)
yaitu pengolahan dengan menggunakan perhitungan peta X-bar dan peta R. Setelah
data yang didapat diolah dengan menggunakan perhitungan Peta X-bar dan Peta R,
langkah selanjutnya menganalisis hasil dari perhitungan yang diperoleh guna
untuk mengetahui apa arti perhitungan yang sudah dilakukan. Langkah terakhir
yaitu membuat kesimpulan berdasarkan dari hasil yang sudah didapatkan.
X. JADWAL KEGIATAN
Kegiatan kerja
praktek yang direncanakan akan dilakukan selama satu bulan. Rencana kegiatan kerja praktek pada PT Lucky Indah Keramik dapat dilihat pada Tabel 1 di bawah ini.
Tabel 1 Rencana Kegiatan Kerja Praktek pada PT Lucky Indah Keramik
No
|
Kegiatan
|
Bulan Agustus
|
Bulan September
|
||
M2
|
M3
|
M1
|
M2
|
||
1
|
Melakuka
perkenalan lingkungan perusahaan
|
![]() |
|
|
|
2
|
Mempelajari
gambaran perusahaan
|
![]() |
|
|
|
3
|
Mempelajari
proses produksi perusahaan
|
![]() |
|
|
|
4
|
Melakukan
wawancara dan pengambilan serta pengumpulan data
|
![]() |
|
|
|
5
|
Menyelesaikan
penelitian dan melengkapi data yang dibutuhkan
|
|
|
![]() |
|
6
|
Penyusunan
laporan
|
|
|
![]() |
|
DAFTAR PUSTAKA
Ariani, Dorothea Wahyu. 2003.Pengendalian
Kualitas Statistik. Yogyakarta: Andi.
Chodariyanti.
Assauri, Sofjan. 2008.Manajemen Produksi. Edisi Revisi. Jakarta: FE UI.
Besterfield,
Dale H., 1998, Quality Control. New
Jersey: Prentice-Hall Inc.
Lind, Marchal &
Wathen 2007. Teknik – Teknik Statistika
dalam Bisnis dan Ekonomi Menggunakan Kelompok Data Qlobal. Jakarta: Salemba
Empat
Montgomery,
Douglas C., 1991, Design and Analysis of
Experiments, John Wiley & Sonc, Inc
Narasimhan,
S dan Cornelius jordache, 2000, Data Reconciliation
and Error Detection, Texas : Gulf Publishing Company
Purnomo, Hari. 2004. Pengantar Teknik Industri. Yogyakarta: GrahaIlmu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar